11 Maret 2010

Dakwah Jalan hidupku….

Ikhwah sekalian Dakwah ini tidak mengenal sikap ganda, ia hanya menegenal satu sikap yaitu totalitas. Siapa yang bersedia untuk itu maka ia harus hidup bersama dakwah dan dakwahpun akan melebur pada dirinya. Sebaliknya barang siapa lemah dalam memikul beban ini maka ia akan terhalang dari pahala besar mujahidin dan tertinggal bersama orang-orang yang duduk-duduk saja lalu Allah Subhanahuwata'ala akan menggantikan mereka dengan generasi yang mampu mengemban dakwahNya.

Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Maidah [5]: 54).

Ikhwah Sekalian…

1. Begitu mulianya dakwah (amar ma'ruf nahi munkar) ini Allah Subhanahuwata'ala sebutkan di Al Qur'an lebih banyak ketimbang perintah haji dan puasa padahal keduanya adalah dua dari lima rukun islam.

2. Dakwah ini merupakan pembeda antara orang-orang munafik dan orang-orang beriman.

Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma'ruf dan mereka menggenggamkan tangannya[648]. mereka Telah lupa kepada Allah, Maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik. (QS At Tubah [9]: 67).

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS At Tubah [9]: 71).

3. Dakwah telah diperintahkan sejak sebelum umat Nabi Muhammad Shalallahu'alaihiwasalam, dan menjadi sebab datangnya laknat Allah jika ditinggalkan.

Telah dila'nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa putera Maryam. yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu. (QS. Al Maidah [5]: 78-79).

4. Dengan dakwah inilah kita merealisasikan umat ini sebagai umat terbaik.

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. sekiranya ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.(QS. Ali Imran [3]: 110).

Bahkan dalam ayat ini Allah mendahulukan dakwah (amar ma'ruf nahi munkar) daripada iman padahal iman adalah pangkal setiap amal, dikarenakan- Allahu a'lam- Dakwah ini menjadi pagar yang akan membantu menjaga keimanan kita.

Allahu Akbar!!!!! Allahu Akbar!!!!! Allahu Akbar!!!!!

ditulis oleh ustadz abu ayub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar